kbtamanpintar.blogspot.com, Kudus, Rabu 01 januari 2020 Admin mencoba membuka kembali program dilaksanakannya pembelajaran di lembaga PAUD KB-TPA Taman Pintar. Program tersebut bernama kurikulum yang secara umum merupakan Perangkat Pembelajaran dan Program Pendidikan di lembaga PAUD KB-TPA Taman Pintar.
Tema KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN DI TAMAN PINTAR KUDUS DI ZAMAN NOW MENGHADAPI TAHUN MEGATRENDS 2030 adalah hasil wawancara Admin bersama penyelenggara KB-TPA Taman Pintar Beliau Bapak Syaifudin dan Ibu Mursholin, S.Pd.I. Beliau menjelaskan Metode pembelajaran
dirancang untuk mengembangkan standar kompetensi sesuai dominasi kecerdasannya
baik secara individual maupun kelompok kecil.
Oleh karena itu, metode dibuat
untuk memenuhi criteria inspiratif, kreatif, menantang, menyenangkan dan penuh
keteladanan. Sedangkan media dan sumber belajar bersifat variatif, edukatif,
konstruktif dan sesuai dengan kehidupan riil.
Kurikulum DI PAUD KB
TAMAN PINTAR yang menginternalisasikan nilai-nilai emosional, spiritual,
akademis dan kewirausahaan berlandaskan nilai keIslaman. Kurikulum KB TAMAN PINTAR diwujudkan dalam
program-program pembelajaran yang meliputi program intrakurikuler, program
ekstrakurikuler dan program pembiasaan.
Kurikulum KB TAMAN PINTAR mengacu pada kurikulum
berbasis BCCT (Pijakan persiapan, sebelum bermain,
bermain, setelah bermain) yang diintegrasikan dengan khas model Urutan atau
proses pembelajaran yang di rancang mampu mengembangkan semua aspek pada anak.
Maka Kurikulum di KB Taman Pintar berangkat dari keberhasilan di BCCT dirancang
sebagai model system
pembelajaran kreatif imajinatif. Program pembelajaran akan berorientasi pada
pengembangan kemampuan anak, yang terdiri dari :
A. PENGEMBANGAN
KOMPETENSI, MELIPUTI:
Pengembangan motorik
(Fisik dan Keterampilan). Kemampuan motorik dirangsang agar anak dapat
mengembangkan kemampuan koordinasi dan keseimbangan anggota tubuh untuk
melakuakan berbagai gerakan dan keterampilan tangan.
Pengembangan Kognisi.
Kemampuan kognisi meliputi kegiatan sains dan matematika agar anak mampu
mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan ini dilakukan dengan bermain dan menggunakan metode yang sesuai dengan
tingakat perkembangan anak.
Pengembangan Bahasa.
Kemampuan bahasa dikembangkan agar anak dapat melatih kemampuan berbicara
dengan baik, memperkaya perbendaharaan kosa kata, serta membaca dan menulis
permulaan. Program pengembangan bahasa meliputi seni berbahasa dan
kesusastraan, meliputi : puisi, cerita, drama kreatif.
Pengembangan Sosial
Emosional. Kemampuan social emosiaonal dikembangkan agar anak dapat berhubungan
dengan orang oain, mematuhi peratuarn, dan dapat menunjukan raksi emosi yang
wajar. Program pengembangan social emosional meliputi pengembangan kepribadian,
pengembangan harga diri, bermain peran, dan menyediakan lingkungan sebagai wadah
pengembangan potensi kreatif.
Pengembangan Seni.
Kemampuan seni dikembangkan agar anak mampu mengungkapkan gagasan dan daya
cipta dalam berbagai bentuk. Program pengembangan seni meliputi ekspresi seni,
aktivitas bermain musik, bernyanyi, dan seni tari.
B. KEMAMPUAN AL-ISLAM, MELIPUTI
Aqidah. Program
pendidikan aqidah dituangkan dalam silabus pembelajaran dan menjadi materi yang
senantiasa diintegrasikan dengan materi dan kegiatan yang lainnya.
Ibadah. Pendidikan ibadah
dimulai dengan penanaman kebiasaan melalui keteladanan, demonstras, dan praktek
langsung. Pendidikan ibadah ditanamkan melalui kegiatan menghafal dan
melafadzkan ayat-ayat al-qur’an dansurat-surat pendek, kalimat thoyyibah, dan
doa’ sehari-hari, praktek sholat berjamaah, infaq bersama, dan kunjungan ke
masjid.
Mu’amalah. Pendidikan
pemahaman bermuamalah diawali dengan Tanya jawab, bercerita dengan menggunakan
media buku, poster, permainan dan dramatisasi suatu cerita yang dapat
menggambarkan kegiatan social dan hubungan antarmanusia. Pelaksanaan pendidikan
muamalah dilakukan secara konkrit dan langsung dalam berhubungan social, yaitu
amar ma’ruf nahi munkar (mangajak orang lain untuk berbuat baik dan mencegah
orang lain melakukan perbuatan keji dan munkar).
C. PENINGKATAN KECERDASAN PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN IQ, EQ, SQ, MENGARAHKAN ANAK PADA :
D. PENGEMBANGAN KREATIF IMAJINATIF
1. Peningkatan kemampuan umum dengan kreativitas dan imajinasi ilahiyah.
2. Peningkatan kamampuan pemahaman dan pengenalan emosi dengan
menggunakan daya kreasi imajinatif.
3. Pemahaman nilai-nilai spiritual dengan media kreatif imajinatif.
4. Peningkatan IQ, EQ, SQ berwujud pada :
- KOGNISI, berupa: Peningkatan pengetahuan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan penilaian.
- AFEKSI, berupa: Pemberian respon, apresiasi,
dan internalisasi.
- PSIKOMOTORIK, berupa: Keterampilangerak
awal, semi rutin, dan rutin dengan mempertimbangkan variasi-variasi gerak.D. PENGEMBANGAN KREATIF IMAJINATIF
Pengembangan kreatif imajinatif KB TAMAN
PINTAR memberikan sarana dan kesempatan kepada anak untuk berkreasi secara
fleksibilitas, orisinil, dan mengeksplorasikan suatu gagasan yang disampaikan
melalui suatu kegiatan yang menyenangkan.
E. INTRA KURIKULER
- - Hafalan bacaan shalat
- - Hafalan bacaan surat-surat pendek
- - Hafalan Do’a, hadist dan adab harian
- - Latihan praktik shalat
- - Daya Pikir
- - Daya Cipta
- - Olah Raga
- - Calistung Permulaan
F. EKSTRA KURIKULER
- - Jendela Pustaka
- - Pengenalan Komputer
- - Bina Vokalia
- - Melukis
- - Fun Cooking
- - Renang
- - Outbond
- - Kunjungan bertema pembelajaran
- - Apresiasi Seni
F. KEGIATAN
INSIDENTIL
- - Peringatan Hari Besar Islam
- - Pemeriksaan Kesehatan Umum dan Gigi
F. PROGRAM
PEMBIASAAN
- Aspek Kesopanan
- Aspek Kerajinan & Ketekunan
- Aspek Kerapihan & Kebersihan
- Aspek Tanggung Jawab
- Aspek Kedisiplinan
- Aspek Kemandirian
- Aspek Kebiasaan berdo’a & Mengucap Kalimat Thoyyibah
0 komentar:
Posting Komentar