728x90 AdSpace


  • Latest News

    Rabu, 08 November 2017

    Panduan Beyond Centers and Circle Time (BCCT)



    BCCT bagian konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.


    Hasilnya : siswa memperoleh pengetahuan dan kertrampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dari proses mencoba sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat sekarang dan kelak.


    Alasan dipakainya system BCCT ?

    • Anak akan belajar maksimal / lebih baik jika lingkungan diciptakan dengan ALAMIAH
    • Belajar akan lebih bermakna jika anak MENGALAMI apa yang dipelajari bukan sekedar MENGETAHUI
    • Pembelajaran akan lebih bermakna dan mengena


    Apa yang sebenarnya kita inginkan ?

    • Pendekatan BCCT proses pembelajaran diharapkan alamiah dalam unjuk kegiatan siswa (mengalami), bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. STRATEGI pembelajaran lebih dipentingkan dari pada HASIL.
    • Dalam konteks itu, siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dalam status apa mereka, dan bagaimana mencapainya. Mereka sadar bahwa apa yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya nanti.
    • Dengan begitu mereka memposisikan sebagai diri sendiri yang memerlukan suatu bekal untuk hidupnya nanti, dalam hal ini diperlukan guru sebagai PENGARAH DAN PEMBIMBING atau INSPIRATOR

     

    Mengapa system ini menjadi pilihan ?

      • Pengetahuan disaat ini sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Guru masih menjadi center (pengetahuan dll), ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar.
      • Nah, sekarang diperlukan strategi belajar BARU yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, namun bagaimana mendorong siswa membangun pengetahuan di benak mereka sendiri
      • BCCT belajar mengalami bukan menghafal

    Kebiasaan apa yang ingin di perbaiki ?

    • Sudah cukup lama kita sadar bahwa kelas-kelas kita tidak produktif. Sehari-hari kelas diisi dengan ceramah, sementara siswa DIPAKSA menerima dan menghafal (terkecuali mapel syariyah/dasar hukum agama)
    • Pilihannya adalah strategi pembelajaran yang memberdayakan siswa

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Panduan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Rating: 5 Reviewed By: kbtamanpintar
    Scroll to Top