728x90 AdSpace


  • Latest News

    Senin, 27 November 2017

    Pijakan-Pijakan kurikulum BCCT



    KB-TPA Taman Pintar, Kudus, 28 November 2017 menjabarkan beberapa pijakan pada kurikulum BCCT yang terbagi pijakan-pijakan yang harus dilakukan oleh setiap pengajar atau para bunda


    Menerapkan Pijakan bagian metode BCCT.
    Guru hendaknya mengikuti pijakan-pijakan guna membentuk keberaturan antara bermain dan belajar.  
    Berikut ini adalah Pijakan-pijakan yang harus diikuti :
    1. Pijakan lingkungan
    Guru menata lingkungan yang disesuaikan dengan intensitas & densitas
    2. Pijakan sebelum bermain  
    • Guru meminta para siswa untuk membentuk lingkaran
    • Guru ada diantara para siswa sambil bernyanyi
    • Guru meminta para siswa untuk duduk melingkar
    • Guru meminta para siswa berdo’a bersama
    • Guru menanyakan para siswa kesiapan mendengar cerita dan memasuki sentra
    • Guru memulai bercerita menggunakan media yang sesuai dengan tema
    • Guru menginformasikan jenis mainan yang ada dan menyampaikan aturan bermain
    • Guru meminta siswa masuk ke area sentra
    3. Pijakan saat bermain 

    • Guru mempersiapkan catatan perkembangan siswa
    • Guru mencatat perilaku, kemampuan dan celetukan siswa
    • Guru membantu siswa jika dibutuhkan
    • Guru mengingatkan siswa bila ada yang lupa atau melanggar aturan
      4. Pijakan setelah bermain / Recalling 
      • Guru meminta siswa untuk membereskan mainan dan alat yang dipakai
      • Guru meminta siswa menceritakan pengalaman bermainnya sambil menghitung jumlah kegiatan yang dilakukan
      • Guru menutup kegiatan dengan berdo’a bersama
      • Guru membagikan buku komunikasi sebelum pulang

      • Blogger Comments
      • Facebook Comments

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Item Reviewed: Pijakan-Pijakan kurikulum BCCT Rating: 5 Reviewed By: kbtamanpintar
      Scroll to Top