KB-TPA Taman Pintar, Kudus, 28 November 2017 menjabarkan beberapa pijakan pada kurikulum BCCT yang terbagi pijakan-pijakan yang harus dilakukan oleh setiap pengajar atau para bunda
Menerapkan Pijakan bagian metode BCCT.
Guru hendaknya mengikuti pijakan-pijakan guna membentuk keberaturan antara bermain dan belajar.
Berikut ini adalah Pijakan-pijakan yang harus diikuti :
1. Pijakan lingkungan
Guru menata lingkungan yang disesuaikan dengan intensitas & densitas
2. Pijakan sebelum bermain - Guru meminta para siswa untuk membentuk lingkaran
- Guru ada diantara para siswa sambil bernyanyi
- Guru meminta para siswa untuk duduk melingkar
- Guru meminta para siswa berdo’a bersama
- Guru menanyakan para siswa kesiapan mendengar cerita dan memasuki sentra
- Guru memulai bercerita menggunakan media yang sesuai dengan tema
- Guru menginformasikan jenis mainan yang ada dan menyampaikan aturan bermain
- Guru meminta siswa masuk ke area sentra
- Guru mempersiapkan catatan perkembangan siswa
- Guru mencatat perilaku, kemampuan dan celetukan siswa
- Guru membantu siswa jika dibutuhkan
- Guru mengingatkan siswa bila ada yang lupa atau melanggar aturan
- Guru meminta siswa untuk membereskan mainan dan alat yang dipakai
- Guru meminta siswa menceritakan pengalaman bermainnya sambil menghitung jumlah kegiatan yang dilakukan
- Guru menutup kegiatan dengan berdo’a bersama
- Guru membagikan buku komunikasi sebelum pulang
0 komentar:
Posting Komentar